Tujuan dan Manfaat PTK

Tujuan PTK?
Berdasarkan pengertian di atas, PTK bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah.

Pada sisi lain, PTK akan mendorong para guru untuk memikirkan apa yang mereka lakukan sehari-hari dalam menjalankan tugasnya. Mereka akan kritis terhadap apa yang mereka lakukan tanpa tergantung pada teori-teori yang muluk-muluk dan bersifat universal yang ditemukan oleh para pakar peneliti yang sering kali tidak cocok dengan situasi dan kondisi kelas. Bahkan, keterlibatan mereka dalam PTK sendiri akan menjadikan dirinya sebagai pakar peneliti di kelasnya, tanpa bergantung pada para pakar peneliti lain yang tidak tahu mengenai permasalahan kelasnya sehari-hari.

Manfaat PTK?
Banyak manfaat yang dapat dipetik dari pelaksanaan PTK. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.
1.    Dengan pelaksanaan PTK akan terjadi peningkatan kompetensi guru dalam mengatasi masalah pembelajaran yang menjadi tugas utamanya.
2.    Dengan pelaksanaan PTK akan terjadi peningkatan sikap profesional guru.
3.    Dengan pelaksanaan PTK akan terjadi perbaikan dan / atau peningkatan kinerja belajar dan kompetensi siswa.
4.    Dengan pelaksanaan PTK akan terjadi perbaikan dan / atau peningkatan kualitas proses pembelajaran di kelas.
5.    Dengan pelaksanaan PTK akan terhadi perbaikan dan / atau peningkatan kualitas penggunaan media, alat bantu belajar, dan sumber belajar lainnya.
6.    Dengan pelaksanaan PTK akan terjadi perbaikan dan / atau peningkatan kualitas prosedur dan alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur proses dan hasil belajar siswa.
7.    Dengan pelaksanaan PTK akan terjadi perbaikan dan / atau pengembangan pribadi siswa di sekolah.
8.    Dengan pelaksanaan PTK akan terjadi perbaikan dan / atau peningkatan kualitas penerapan kurikulum.

1 komentar:

jasaskripsiyogyakarta mengatakan...

jasaskripsiyogyakarta.blogspot.com/

Posting Komentar